Pengetahuan Fiqh itu lahir melalui proses pembahasan yang digariskan dalam ilmu ushul Fiqh. Menurut aslinya kata "Ushul Fiqh" adalah kata yang berasal dari bahasa Arab "Ushulul Fiqh" yang berarti asal-usul Fiqh. Maksudnya, pengetahuan Fiqh itu lahir melalui proses pembahasan yang digariskan dalam ilmu ushul Fiqh.
Pengetahuan
Fiqh adalah formulasi dari nash syari'at yang berbentuk Al-Qur'an, Sunnah Nabi
dengan cara-cara yang disusun dalam pengetahuan Ushul Fiqh. Meskipun caar-cara
itu disusun lama sesudah berlalunya masa diturunkan Al-Qur'an dan diucapkannya
sunnah oleh Nabi, namun materi, cara dan dasar-dasarnya sudah mereka (para
Ulama Mujtahid) gunakan sebelumnya dalam mengistinbathkan dan menentukan hukum.
Dasar-dasar dan cara-cara menentukan hukum itulah yang disusun dan diolah
kemudian menjadi pengetahuan Ushul Fiqh.
Menurut
Istitah yang digunakan oleh para ahli Ushul Fiqh ini, Ushul Fiqh itu ialah,
suatu ilmu yang membicarakan berbagai ketentuan dan kaidah yang dapat digunakan
dalam menggali dan merumuskan hukum syari'at Islam dari sumbernya. Dalam
pemakaiannya, kadang-kadang ilmu ini digunakan untuk menetapkan dalil bagi
sesuatu hukum; kadang-kadang untuk menetapkan hukum dengan mempergunakan dalil
Ayat-ayat Al-Our'an dan Sunnah Rasul yang berhubungan dengan perbuatan
mukallaf, dirumuskan berbentuk "hukum Fiqh" (ilmu Fiqh) supaya dapat
diamalkan dengan mudah. Demikian pula peristiwa yang terjadi atau sesuatu yang
ditemukan dalam kehidupan dapat ditentukan hukum atau statusnya dengan
mempergunakan dalil.
Yang
menjadi obyek utama dalam pembahasan Ushul Fiqh ialah Adillah Syar'iyah
(dalil-dalil syar'i) yang merupakan sumber hukum dalam ajaran Islam. Selain
dari membicarakan pengertian dan kedudukannya dalam hukum Adillah Syar'iyah itu
dilengkapi dengan berbagai ketentuan dalam merumuskan hukum dengan
mempergunakan masing-masing dalil itu.
Topik-topik dan ruang lingkup
yang dibicarakan dalam pembahasan ilmu Ushul Fiqh ini meliputi:
a. Bentuk-bentuk dan macam-macam hukum, seperti hukum taklifi
(wajib, sunnat, mubah, makruh, haram) dan hukum wadl'i (sabab, syarat, mani',
'illat, shah, batal, azimah dan rukhshah).
b. Masalah perbuatan seseorang yang akan dikenal hukum (mahkum
fihi) seperti apakah perbuatan itu sengaja atau tidak, dalam kemampuannya atau
tidak, menyangkut hubungan dengan manusia atau Tuhan, apa dengan kemauan
sendiri atau dipaksa, dan sebagainya.
c. Pelaku suatu perbuatan yang akan dikenai hukum (mahkum
'alaihi) apakah pelaku itu mukallaf atau tidak, apa sudah cukup syarat taklif
padanya atau tidak, apakah orang itu ahliyah atau bukan, dan sebagainya.
d. Keadaan atau sesuatu yang menghalangi berlakunya hukum ini
meliputi keadaan yang disebabkan oleh usaha manusia, keadaan yang sudah terjadi
tanpa usaha manusia yang pertama disebut awarid muktasabah, yang kedua disebut
awarid samawiyah.
e. Masalah istinbath dan istidlal meliputi makna zhahir nash,
takwil dalalah lafazh, mantuq dan mafhum yang beraneka ragam, 'am dan khas,
muthlaq dan muqayyad, nasikh dan mansukh, dan sebagainya.
f. Masalah ra'yu, ijtihad, ittiba' dan taqlid; meliputi kedudukan
rakyu dan batas-batas penggunannya, fungsi dan kedudukan ijtihad, syarat-syarat
mujtahid, bahaya taqlid dan sebagainya.
g. Masalah adillah syar'iyah, yang meliputi pembahasan Al-Qur'an,
As-Sunnah, ijma', qiyas, istihsan, istishlah, istishhab, mazhabus shahabi,
al-'urf, syar'u man qablana, bara'atul ashliyah, sadduz zari'ah, maqashidus
syari'ah/ususus syari'ah.
h. Masa'ah rakyu dan qiyas; meliputi. ashal, far'u, illat,
masalikul illat, al-washful munasib, as-sabru wat taqsim, tanqihul manath,
ad-dauran, as-syabhu, ilghaul fariq; dan selanjutnya dibicarakan masalah
ta'arudl wat tarjih dengan berbagai bentuk dan penyelesaiannya.
Sesuatu
yang tidak boleh dilupakan dalam mempelajari Ushui Fiqh ialah bahwa peranan
ilmu pembantu sangat menentukan proses pembahasan.
Dalam
pembicaraan dan pembahasan materi Ushul Fiqh sangat diperlukan ilmu-ilmu
pembantu yang langsung berperan, seperti ilmu tata bahasa Arab dan qawa'idul
lugahnya, ilmu mantiq, ilmu tafsir, ilmu hadits, tarikh tasyri'il islami dan
ilmu tauhid. Tanpa dibantu oleh ilmu-ilmu tersebut, pembahasan Ushul Fiqh tidak
akan menemui sasarannya. Istinbath dan istidlal akan menyimpan dari kaidahnya.
Ushul
Fiqh itu ialah suatu ilmu yang sangat berguna dalam pengembangan pelaksanaan
syari'at (ajaran Islam). Dengan mempelajari Ushul Fiqh orang mengetahui
bagaimana Hukum Fiqh itu diformulasikan dari sumbernya. Dengan itu orang juga
dapat memahami apa formulasi itu masih dapat dipertahankan dalam mengikuti
perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan sekarang; atau apakah ada kemungkinan
untuk direformulasikan. Dengan demikian, orang juga dapat merumuskan hukum atau
penilaian terhadap kenyataan yang ditemuinya sehari-hari dengan ajaran Islam
yang bersifat universal itu.
Dengan Usul Fiqh :
- Ilmu
Agama Islam akan hidup dan berkembang mengikuti perkembangan peradaban umat
manusia.
- Statis
dan jumud dalam ilmu pengetahuan agama dapat dihindarkan.
- Orang
dapat menghidangkan ilmu pengetahuan agama sebagai konsumsi umum dalam dunia
pengetahuan yang selalu maju dan berkembang mengikuti kebutuhan hidup manusia
sepanjang zaman.
- Sekurang-kurangnya,
orang dapat memahami mengapa para Mujtahid zaman dulu merumuskan Hukum Fiqh
seperti yang kita lihat sekarang. Pedoman dan norma apa saja yang mereka
gunakan dalam merumuskan hukum itu. Kalau mereka menemukan sesuatu peristiwa
atau benda yang memerlukan penilaian atau hukum Agama Islam, apa yang mereka
lakukan untuk menetapkannya; prosedur mana yang mereka tempuh dalam menetapkan
hukumnya.
Dengan
demikian orang akan terhindar dari taqlid buta; kalau tidak dapal
menjadiMujtahid, mereka dapat menjadi Muttabi' yang baik, (Muttabi' ialah orang
yang mengikuti pendapat orang dengan mengetahui asal-usul pendapat itu). Dengan
demikian, berarti bahwa Ilmu Ushul Fiqh merupakan salah satu kebutuhan yang
penting dalam pengembangan dan pengamalan ajaran Islam di dunia yang sibuk
dengan perubahan menuju modernisasi dan kemajuan dalam segala bidang.
Melihat
demikian luasnya ruang lingkup materi Ilmu Ushul Fiqh, tentu saja tidak semua
perguruan/lembaga dapat mempelajarinya secara keseluruhan.
No comments:
Post a Comment